INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

MUSRENBANGDES 2022

05 Desember 2022 kiswati rodhitu zulfa Agenda Desa Dibaca 238 Kali

MUSRENBANGDES 2022

DALAM RANGKA

PENYUSUNAN RKPDES TAHUN 2023  DAN DU RKPDES TAHUN 2024

 

Senin, 05 Desember 2022

Bertempat di Rumah Bapak Kepala Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Pemerintahan Desa Cabean Kidul telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) Tahun 2022 dalam Rangka Penetapan RKPDes Tahun 2023 dan menyepakati DU-RKPDes Tahun 2024.

Musrenbangdes merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam  jangka waktu satu tahun dan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan desa yang diajukan untuk tahun selanjutnya.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua BPD, Sujan. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa setiap item program pembangunan harus berorientasi kepada Prioritas Masyarakat. Kepala Desa Cabean Kidul turut menyampaikan bahwa dalam penetapan RKPDesa Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan menjadi pedoman Penyusunan RKPDes 2023.

Dalam pengantar Sekretaris Desa sebagai pemandu kegiatan ini menyampaikan Musrenbang merupakan wahana untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah RKPDes Tahun 2023 dan DU RKPDes Tahun 2024. Oleh karena itu harus dilaksanakan dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Dengan mencermati program-program yang tercantum pada RPJMDes dan melalui prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan, akhirnya disepakati program kegiatan apa saja yang akan masuk pada RKPDes Tahun 2023. Program-program yang tertunda, yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 karena adanya Wabah Covid-19 menjadi prioritas dalam RKPDes Tahun 2023. Begitu pula dengan kegiatan yang bersifat reguler secara otomatis masuk dalam RKPDes Tahun 2023.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan hasil penyusunan RKPDesa 2023 dan DU-RKPDes 2024 oleh Panitia Penyusun. Adapun penyusunan RKPDes telah dilakukan dengan tahap-tahap sesuai dengan ketentuan berlaku, antara lain Pencermatan RPJM Desa dan Penyelerasan dengan Rencana Pembangunan Kabupaten.

Musyawarah perencanaan pembangunan desa tahun 2022 merupakan usulan-usulan kegiatan yang akan digunakan acuan dalam penyusunan APBDes Cabean Kidul Tahun 2023.

Dari hasil diskusi terhadap materi, selanjutnya peserta musyawarah menyepakati beberapa hal berketetapan menjadi kesepakatan dari musyawarah perencanaan pembangunan desa ini yaitu :

  1. menyapakati Rancangan RKPDes Tahun 2023
  2. menyepakati DU-RKPDes Tahun 2024

Musyawarah berjalan dengan lancar, keputusan diambil secara mufakat dan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Acara di tutup dengan penandatanganan Berita Acara Musyawarah Peerencanaan Pembangunan Desa dalam rangka pengusunan RKPDes Tahun 2023 dan DU RKPDes Tahun 2024 oleh Kepala Desa Cabean Kidul, Ketua BPD Desa Cabean Kidul serta Perwakilan Masyarakat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar