INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

PELATIHAN KERAJINAN LIMBAH KAYU TAHUN 2023

22 September 2023 kiswati rodhitu zulfa Berita Desa Dibaca 60 Kali

PELATIHAN PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU BERBASIS POTENSI LOKAL INDUSTRI NON AGRO

 

29-31 Agustus 2023 Sesi 1

19-21 September 2023 Sesi 2

 

Pelatihan penumbuhan wirausaha baru berbasis potensi Lokal industri non agro, oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa tengah, di Gedung MWC Bulu Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang dalam 2 sesi.

 

Pelaksanaan pelatihan yang diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang dari Desa Cabean Kidul berpotensi lokal termasuk didalam 5 desa kemiskinan ekstrim se Kecamatan Bulu, yang mayoritas didominasi yang berusia produktif, selama 3 hari kedepan akan mendapat pelatihan kerajinan limbah kayu ini untuk memberikan suatu keterampilan yang berbahan dasar lokal bagi DTKS dari para instruktur ternama Disperndag Prov Jawa Tengah. Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa, dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas program pelatihan ini, di harapkan dapat lebih mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19.

 

SESI 1

 

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan Penumbuhan Wirausaha baru dengan aktifitas pelatihan kerajinan limbah kayu di Desa Cabean Kidul yang berkoordinasi dengan Dinas Perintransnaker Kabupaten Rembang selama 3 (tiga) hari pada tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2023.

 

Dengan diberikannya pelatihan ini diharapkan masyarakat DTKS dapat menerima ilmu dan keterampilan sehingga mampu berproduksi kerajinan limbah kayu yang dapat dipasarkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


Sebagaimana yang diketahui bahwa Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu merupakan sentra kerajina limbah kayu di Kabupaten Rembang sehingga dengan pemilihan lokasi tersebut oleh Dinas Perintransnaker Kabupaten Rembang dapat mewujudkan suatu realisasi peningkatan keterampilan kerajinan limbah kayu secara luas.

 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Rembang membuka secara langsung kegiatan pelatihan.  Dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, diantaranya kegiatan Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru (WUB) Berbasis Potensi Lokal Industri Non Agro merupakan upaya pemerintah menanggulangi kondisi kemiskinan yang masih melekat di beberapa wilayah di Kabupaten Rembang, salah satunya di Kecamatan Bulu Desa Cabean Kidul. Predikat kemiskinan diyakininya sejatinya juga bukan merupakan kondisi masyarakat yang memang benar-benar dalam keadaan kekurangan, melainkan ada faktor lain yang melatar belakangi seperti mentalitas individu masyarakat dalam tatanan kehidupan sosialnya yang menganggap dirinya masih dikatakan miskin, sehingga ada hal-hal tertentu yang bisa diperoleh.

 

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari kedepan dengan berbagai resep yang akan diajarkan diharapkan memberikan bekal kepada para peserta untuk mampu membuat produk berbasis Potensi Lokal Industri Non Agro berupa kerajian limbah kayu yang bernilai jual. Syukur-syukur dalam keluaran dari pelatihan para peserta mampu menyamai narasumber dan instruktur pelatihan. Setiap kegagalan dalam proses usaha baik dari sisi produksinya maupun manajemen usaha pasti dipengaruhi oleh sesuatu yang kurang tepat, oleh karenanya harus selalu dilakukan evaluasi agar mampu terwujud  kegiatan berusaha yang ideal.

 

Semangat bersanding dan berdaya juang juga harus benar-benar melekat dalam diri para peserta, karena setiap peserta memiliki potensi masing-masing yang saling melengkapi. Kedepannya setelah pelatihan peserta, nantinya agar mampu berkelompok dalam rangka saling menguatkan kegiatan usaha yang dijalankan. Adanya bentuk kelompok yang sudah terdaftar dan berlegalitas mempunyai modal kesempatan dalam mengakses beberapa fasilitasi pemerintah. Pada akhir sambutan berpesan kepada seluruh peserta agar selama pelatihan mengikuti dengan runtut dan tertib agar materi yang disampaikan mampu memberi bekal dalam merintis usaha, sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi di wilayahnya.

 

SESI 2

 

Kegiatan “Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru Berbasis Potensi Lokal Industri Non Agro (Kerajinan Limbah kayu)” Sesi 2 oleh Disperindag Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Balai Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Komisi B DPRD Jawa Tengah, Setyo Budi Wibowo, S.Ag., M.M dan Andang Wahyu Triyanto, Disperindag Prov. Jateng, dan Ka. Dinakerind Rembang, Bapak Dwi Mustopa, serta Kepala Desa Cabean Kidul Bapak Amin yang diwakili oleh Sekretaris Desa Kiswati Rodhitu Zulfa. Selama kegiatan ini selalu memberikan arahan kepada peserta karena tidak semua bisa mendapat kesempatan ini. Harapannya kedepan di Desa Cabean Kidul ini bisa berwirausaha dan meingkatkan pendapatan masyarakat, dan bisa menumbuhkan sentra industri dari kerajinan limbah kayu.

 

Kegiatan ini bisa dilakukan berkat kerjasama antara Pemerintah Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu,  Dinas Perindustrian Kab. Rembang dan Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta sesi 1 yang terdiri dari desa yang masuk dalam kategori Desa Miskin Ekstrim. Pelatihan sesi 2 ini dilakukan selama 3 hari yaitu mulai dari tanggal 19 sampai 21 September 2023 dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Narasumber adalah Instruktur dari Dinas Perindustrian Kab. Rembang, Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

 

Tujuan dilakukanya kegiatan ini adalah untuk menambah inovasi dan mengevaluasi dari apa yang telah dilakukan pada sesi 1.

 

Selama pelatihan, peserta tampak sangat antusias untuk menghasilkan karya terbaik agar bias memberikan nilai tambahs ehingga ekonomi meningkat. Dengan karya yang dihasilkan menjadi karya yang unik dan estetik serta bias menjadi produk unggulan yang membanggakan Kabupaten Rembang khususnya Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu.

Semoga usaha ini bisa mengurangi tingkat kemiskinan dan kemiskinan di Kabupaten Rembang.

#Indonesiahebattangguh

Mohon di like & subscribe di youtube kami ya. .di channel CABEAN TV

https://youtu.be/dKlwUg4IECc?feature=shared

https://youtu.be/bDsYr971uxA?si=mcD6b61c69WqtMyW

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar