INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

KELAS BUMIL PERDANA TAHUN 2024

25 April 2024 kiswati rodhitu zulfa Berita Desa Dibaca 147 Kali

KELAS BUMIL PERDANA TAHUN 2024

Kamis, 25 April 2024

Pertemuan kelas ibu hamil ini dilaksanakan di Gedung Posbindu Desa Cabean Kidul Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Kegiatan ini bekerja sama dengan UPT Puskesmas Bulu diikuti oleh ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Kelas ibu hamil bertujuan mengedukasi para calon orang tua agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan yang sehat. Materi pada kelas ibu untuk hamil akan disampaikan oleh Bu Nur Sa’adah selaku bidan desa dan Bu Nila ahli gizi dari UPT Puskesmas Bulu. Pertemuan pertama diisi dengan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh saat hamil, persiapan persalinan, dan pengetahuan gizi. Setelah pemaparan materi, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Untuk mencapai kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan Ibu dan Janin terkait dengan informasi masa kehamilan, Pemerintahan Desa Cabean Kidul bersama Bidan Desa juga Memberikan Gizi bagi ibu Hamil Berupa Susu serta vitamin dan PMT Tambahan diharapkan agar bayi yang dikandung bisa lahir sehat serta Menekan Stunting. Pembinaan kepada Ibu Hamil bertujuan untuk menyampaikan materi seputar kehamilan, persalinan, dan cara perawatan bayi baru lahir, sehingga diharapkan ibu hamil bisa menjadi lebih berwawasan dan lebih paham akan pentingnya menjaga kesehatannya sewaktu hamil maupun setelah persalinan.

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Tujuan diadakannya kelas ibu hamil secara umum adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat dan akta kelahiran.

Kegiatan ini terdiri dari diskusi dan pemaparan materi tentang

  1. Perubahan tubuh selama hamil
  2. Keluhan selama hamil
  3. Gizi ibu hamil
  4. Tanda bahaya kehamilan
  5. Program P4K
  6. Senam hamil

Beberapa materi kelas ibu hamil

Kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan yang menyertainya

Tidak sedikit wanita yang mengkhawatirkan kenaikan bobot tubuhnya selama kehamilan, ada juga ibu yang khawatir karena justru mengalami penurunan berat badan saat hamil

Kelas ini juga akan membahas keluhan umum yang biasanya terjadi pada ibu hamil, misalnya morning sickness, konstipasi, perut kembung, dan sebagainya. Anda juga akan diberi solusi generik atas keluhan itu, misalnya diberikan kapsul penambah darah pada ibu hamil yang anemia atau anjuran untuk memperbaiki asupan gizi tertentu.

Perawatan kehamilan

Perawatan kehamilan yang akan dibahas dalam kelas ibu hamil biasanya mencakup obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, fasilitator juga akan memberi tahu tanda bahaya kehamilan dan penanganan pertama yang bisa dilakukan ibu hamil.

Kelas ini juga akan membahas kesiapan psikologis orangtua dalam menghadapi kehamilan, termasuk tentang hubungan suami-istri selama kehamilan.

Persalinan

Di kelas kehamilan ini Anda juga akan diajarkan untuk mengenali tanda-tanda persalinan maupun tanda bahaya persalinan. Fasilitator juga akan memberikan opsi proses persalinan yang aman karena tidak semua ibu hamil aman melahirkan lewat persalinan normal (lewat vagina).

Perawatan pascapersalinan

Pada materi ini, ibu hamil akan diajarkan cara menjaga kesehatan setelah melahirkan, selama menjalani masa nifas. Tak hanya itu, fasilitator juga akan mengenalkan Anda tentang tanda bahaya saat nifas maupun cara untuk tetap bisa menyusui secara eksklusif selama masa nifas.

Bagi Anda yang ingin menjalani program keluarga berencana (KB), kelas untuk ibu hamil juga akan memberi pengetahuan seputar ini. Fasilitator akan menerangkan pilihan alat KB yang bisa Anda pilih, mulai dari KB suntik, intrauterine (IUD) alias spiral, maupun pil KB dan plus minus dari setiap metode tersebut.

Perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir bisa mencakup banyak hal, mulai dari perawatan tali pusar hingga imunisasi yang dapat dilakukan pada bayi tersebut. Bidan atau tenaga kesehatan juga akan menerangkan tanda bahaya pada bayi baru lahir yang harus diperhatikan oleh ibu.

Selain materi-materi di atas, kelas ibu hamil juga bisa membahas mitos yang beredar seputar kehamilan maupun pascapersalinan. Selain itu, bidan dan tenaga kesehatan akan memberikan informasi mengenai penyakit menular (seperti infeksi menular seksual hingga HIV/AIDS) serta cara membuat akte kelahiran bayi.

Manfaat kelas untuk ibu hamil

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengikuti kelas prenatal:

  • Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
  • Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
  • Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
  • Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
  • Mendapatkan standar nutrisi kehamilan 
  • Tempat belajar senam hamil 

 

Beberapa topik edukasi yang diberikan kepada ibu hamil  adalah sebagai berikut :

  • Stop anemia pada ibu hamil dan pencegahannya anemia pada ibu hamil.
  • Stop preeklampsia pada ibu hamil.
  • Pemenuhan kebutuhan nutrisi pada ibu hamil.
  • Gizi seimbang ibu hamil.
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar